PSM UNIVERSITAS JEMBER KEMBALI GELAR REKTOR CUP X

LogoOptimalisasi sumber daya manusia tidak hanya diukur dari tinggi rendahnya suatu pendidikan namun juga dari segi pengembangan keterampilan yang dapat memberikan sumber daya manusia yang berkualitas, berdaya guna dan berdaya saing tinggi. Pengembangan keterampilan dalam hal positif akan menumbuhkan jiwa yang sportif dan kreatif dengan menjunjung tinggi nilai kekeluargaan sebagai budaya negara Indonesia.

Dunia pendidikan saat ini tidak hanya dapat dipenuhi melalui suatu pendidikan formal, tetapi juga dapat dipenuhi melalui media-media pendukung lain yang dapat diterima dengan mudah. Semakin tinggi pengetahuan harus diiringi pula dengan suatu kreativitas manusia agar dapat memberikan sumbangsih pada ilmu pengetahuan tersebut, sehingga dapat dijadikan sebagai pedoman bagi generasi selanjutnya untuk dapat lebih berkembang.

Seni merupakan apresiasi dari kehidupan manusia yang dapat diaplikasikan menjadi suatu hal yang dapat menjadi daya tarik tersendiri dalam kehidupan sehari-hari. Pengembangan kegiatan seni di kalangan pelajar merupakan kegiatan yang positif untuk meningkatkan penghayatan akan nilai budaya bangsa Indonesia yang mencerminkan nilai luhur bangsa. Di samping itu juga untuk mengembangkan kesenian nasional serta meningkatkan kreativitas pelajar , terutama dalam bidang seni dan budaya, agar kepribadian sebagai bangsa Indonesia semakin tebal untuk memperkuat ketahanan nasional serta melestarikan kebudayaan nasional.

Kegiatan ini diadakan dalam rangka pembinaan musik vokal pada pelajar . Kegiatan ini juga merupakan salah satu pengejawantahan dalam pengembangan kebudayaan bangsa Indonesia. Agar pengembangan seni terutama di kalangan pelajar dapat mencapai hasil yang positif, maka perlu adanya kegiatan yang mendukung tercapainya maksud tersebut. Keinginan untuk mengembangkan dunia kepaduansuaraan di Indonesia pada umumnya dan di Jember pada khususnya, mengilhami UKM Paduan Suara Mahasiswa Universitas Jember (PSM UJ) menggali dan mengembangkan potensi Paduan Suara yang ada. Selain itu kegiatan ini diharapkan dapat menjadi ajang pertemuan kelompok-kelompok paduan suara di Jember dan sekitarnya untuk saling berkomunikasi, berbagi pengetahuan dan pengalaman,  melalui suatu bentuk kegiatan “Festival Paduan Suara Rektor Cup X Universitas Jember 2016” dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional.

Dari ajang “Festival Paduan Suara Rektor Cup X Universitas Jember 2016” inilah akhirnya muncul paduan suara berkualitas, yang menampilkan ciri khasnya masing-masing di antara keanekaragaman dan kemajuan yang ada. Tidak hanya di Jember, tetapi mereka pun diharapkan dapat berprestasi pada tingkat yang lebih tinggi yaitu regional maupun nasional. Selain pembinaan paduan suara sejak dini, “Festival Paduan Suara Rektor Cup X Universitas Jember 2016” dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional juga bertujuan agar eksistensi Universitas Jember lebih dikenal di kalangan masyarakat secara luas

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *